Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SSD Intel generasi terbaru sudah siap dan kecepatannya sangan tinggi

Intel Optane SSD DC P4800X 375GB
Intel dan Micron Technology telah mengerjakan teknologi memori generasi baru sejak tahun 2012. Teknologi tersebut diberi nama 3D Xpoint (tidak sama dengan 3D NAND). Teknologi garapan Intel ini memiliki kecepatan baca tulis yang sangat cepat bahkan sampai hampir mendekati kecepatan memori DRAM. Tapi tidak seperti DRAM yang akan kehilangan data ketika tidak ada daya, dan kira-kira 4 kali lebih padat. Dapat dipastikan bahwa memori dengan teknologi 3D Xpoint akan lebih mahal dari memori dengan teknologi NAND yang biasa digunakan SSD saat ini. Walaupun lebih mahal tapi lebih cepat dilihat dari beberapa sudut terutama yangg berhubungan dengan latency dan baca tulis sejumlah kecil data.

Kini Intel telah mulai memasarkan perangkat memori pertamanya yang dibekali teknologi 3D Xpoint yaitu Intel Optane SSD DC P4800X 375GB. SSD Intel ini dibanderol dengan harga $1520  atau sekitar 20,3 juta rupiah. Perangkat ini kompatible dengan standar NVMe yang biasa digunakan SSD saat ini.

XPoint 3D adalah raja baru untuk pasar SSD. Meskipun saat ini sebagian besar hanya untuk perusahaan, selain itu mungkin memerlukan beberapa perubahan dalam perangkat lunak untuk memanfaatkannya dengan maksimal. Perangkat ini juga diprediksi tidak akan menghancurkan pasar perangkat SSD teknologi NAND ataupun pasar RAM karena beberapa faktor salah satunya adalah harganya yang masih sangat mahal dibanding teknologi pendahulunya.

Dengan kecepatan baca tulis yang mendekati kecepatan RAM, apakah kamu tertarik untuk membeli SSD dengan teknologi 3D Xpoint?

1 komentar untuk "SSD Intel generasi terbaru sudah siap dan kecepatannya sangan tinggi"