Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah fitur baru dan peningkatan di Android O

Logo Android O
Pada acara Google I/O 2017, Google memperkenalkan Android O dengan fitur baru serta peningkatan yang telah disiapkan. Android O saat ini baru tersedia dalam versi beta (developer preview) dan tidak tersedia untuk publik.

Android O akan dirilis ke publik pada akhir tahun ini (2017). Tapi kamu bisa mencoba versi beta Android O pada perangkat yang didukung.

Inilah daftar perangkat yang bisa menginstall Android O developer preview (beta program)


  • Nexus 6P
  • Nexus 5X
  • Google Pixel
  • Google Pixel XL
  • Nexus Player
  • Pixel C
  • Jika kamu memiliki salah atu perangkat diatas, kamu bisa langsung mengikuti program beta Android O melalui link google Android O beta. Namun karena ini masih versi beta, sebaiknya kamu tidak menginstalnya di perangkat smartphone utama kamu. Karena versi awal ini masih menyimpan banyak bug atau masalah yang bisa menyebabkan perangkatmu tidak berfungsi dengan baik.

    Tidak sempat mencoba sendiri? Inilah beberapa fitur baru dan peningkatan Android O.

    Fluid Experience

    Google membawa satu set fitur baru ke Android O yang mereka sebut "Fluid Experience". Fluid Experience bukan satu fitur tapi gabungan dari beberapa fitur yaitu Picture in Picture, Notification Dots, Autofill, dan Smart Text Selection. 
    • Picture in Picture
      Picture in picture Android O
      Jika pada Android Nougat kamu bisa menjalankan multi window dimana dua aplikasi berjalan secara bersampingan. Di Android O kamu bisa menjalankan suatu aplikasi diatas aplikasi lainnya. Misalnya saja ketika kamu sedang mengetik, kamu tetap bisa menonton youtube pada jendela yang lebih kecil.  Sebagai contoh, silahkan lihat gambar diatas.
    • Notification Dot
      Notification Dot Android O
      Notification dot merupakan fitur untuk menunjukkan aplikasi apa yang masih memiliki notifikasi. Dengan fitur ini kamu tidak perlu membuka notification bar untuk mengetahui aplikasi yang memiliki pemberitahuan yang belum dibaca. Kamu hanya perlu melihat ikon aplikasi pada menu. Jika ikon aplikasi memiliki tandak titik, itu artinya aplikasi tersebut mempunyai pemberitahuan yang belum kamu baca.
      fitur Notification Dot tidak hanya itu. Jika kamu menekan lama ikon aplikasi yang memiliki tanda titik (dot), maka kamu bisa melihat pemberitahuan dari aplikasi tersebut. Fitur ini bisa ditemukan pada menu aplikasi atau app drawer.
    • Autofill Password dalam Aplikasi
      Autofill password Android O
      Fitur ini sudah lama hadir pada browser Chrome di PC dimana ketika kamu mengunjungi suatu situs, facebook misalnya, maka password kamu akan otomatis terisi pada kolom password. tentunya kamu harus pernah login sebelumnya dan memilih untuk menyimpan password.
      Kini fitur serupa hadir untuk Android O sehingga kamu bisa lebih mudah untuk login ke situs yang sama dengan yang pernah kamu buka sebelumnya.
    • Smart Text Selection
      Smart text selection Android O
      Fitur ini akan sangat bermanfaat jika kamu sering dikirimi pesan text yang berisi alamat atau nomor telepon. Fitur ini akan otomatis memilih teks yang bersangkutan hanya dengan ketuk dua kali suatu teks.
      Contoh: Jika kamu mendapatkan sebuah pesan alamat. Kamu tinggal tekan dua kali suatu textdari alamat tersebut maka semua bagian alamat akan tertandai. setelah itu kamu akan disuguhkan tombol untuk membuka google maps. atau kamu juga bisa melakukan copy paste seperti biasanya. Jika yang kamu pilih adalah nomor telepon maka kamu akan muncul tombol untuk melakukan panggilan.

    Vitals: Kecepatan, Keamanan, dan Daya Tahan Battery

    Dengan rilis Android O, Google membawa serangkaian pengoptimalan baru yang secara kolektif disebut sebagai "Vitals." Namu tidak dijelaskan lebih lanjut dalam acara tersebut (read: Google I/O), tapi yang pasti bahwa ini akan memaksimalkan keamanan dengan Google Play Protect, mengoptimalkan waktu boot dan kinerja aplikasi, dan membatasi aktivitas latar belakang suatu aplikasi untuk menghemat daya tahan baterai.

    Google Play Protect



    Ini merupakan bagian dari program "Vitals" yang kami sebut sebelumnya. Google Play Protect adalah inovasi terbaru Google untuk memastikan semua aplikasi yang ditemukan di Play Store aman, dan sesuai dengan pedoman perusahaan.

    Saat aplikasi memasuki Google Play di tempat pertama, aplikasi harus melakukan pemeriksaan keamanan untuk memastikannya sesuai dengan standar keamanan. Masalahnya, sekali sebuah aplikasi ada di Play Store, tidak perlu menjalani pemeriksaan keamanan ini lagi jika sebuah aplikasi diupdate, developer dapat dengan mudah memasukkan sesuatu kedalam aplikasi tersebut yang mungkin merupakan integritas yang patut dipertanyakan.

    Untuk mengatasi hal ini, Google menerapkan Play Protect, yang menggunakan machine learning untuk memindai miliaran aplikasi setiap hari untuk memastikan diterapkannya pengawasan keamanan terbaik. Dengan kata lain, ini akan mengurangi "malware" Android dan aplikasi lain yang patut dipertanyakan yang mungkin masuk ke Play Store.

    Android Device Manager, yang kini telah berganti nama menjadi "Find My Device" juga merupakan bagian dari Play Protect. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengamankan dan menemukan perangkat Android yang hilang atau dicuri.

    Visual Positioning Service

    Layanan ini menggunakan AR untuk membantu kamu menemukan GPS di dalam ruangan seperti di dalam sebuah bangunan. Fitur ini memanfaatkan kamera untuk menentukan item yang tepat dan membandingkannya dengan database dari bangunan tersebut. Fitur ini hanya bisa digunakan pada smartphone yang mendukung project Tango.

    Android Go

    Beberapa tahun yang lalu, Google mengumumkan proyek yang disebut Android One untuk membawa smartphone berbiaya rendah ke negara-negara berkembang di seluruh dunia. Dalam acara Google I/O, Google kembali memperkenalkan Android murah "Android Go". Namun pada awal peluncurannya sepertinya perangkat ini hanya akan dirilis di AS.

    Tujuan Android Go adalah mengoptimalkan semua versi sistem operasi untuk perangkat keras berbiaya rendah, dimulai dengan Android O. Intinya, dari saat ini, setiap versi Android akan memiliki edisi "Go" yang dioptimalkan untuk bekerja di manapun mulai dari RAM 512MB sampai 1GB, serta prosesor low-end dan media penyimpanan yang terbatas.

    Google Lens

    Google Lens
    Ini merupakan salah satu fitur keren yang diumumkan Google di I / O, dan meski secara teknis bukan bagian dari Android O, tapi saya akan memasukkannya disini karena fitur ini diperkenalkan bersama Android O.

    Fitur ini dapat melakukan beberapa hal seperti membaca rambu-rambu dalam bahasa lain dan kemudian memberikan terjemahan, mengidentifikasi tanaman dan bunga, membaca nama dan kata kunci Wi-Fi dari router dan secara otomatis terhubung, atau bahkan menambahkan acara kalender dengan memotret gambar papan iklan sebuah acara. Dan itu hanya sebagian manfaat dari fitur ini yang Google tunjukkan pada acara Google I / O. Pastinya akan lebih bermanfaat tergantung orang yang menggunakannya.

    Itulah fitur lengkanp Android O yang akan dirilis  akhir tahun ini atau sekitar bulan Desember 2017.

    Posting Komentar untuk "Inilah fitur baru dan peningkatan di Android O"