Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi PC yang melambat karena terinstall patch Spectre dan Meltdown


Banyak pengguna PC yang mengeluhkan komputernya mengalami penurunan performa setelah memasang patch Spectre dan Meltdown. Menurut hasil benchmark memang ada penurunan performa namun tidak banyak. Penurunan performa paling terasa pada prosesor lawas mulai dari Hasswell sampai yang lebih jadul. Untuk prosesor keluaran terbaru memang mengalami penurunan performa tapi tidak terasa untuk penggunaan sehari hari.

Bagi kamu yang merasakan penurunan pada PC yang kamu gunakan, itu mungkin saja disebabkan oleh patch Spectre dan Meltdown. Patch ini akan terinstall dengan otomatis jika kamu mengaktifkan Automatic Updates pada pengaturan Windows. Walaupun menyebabkan penurunan performa, patch ini sangat penting untuk kamu install demi keamanan data.

Read: Cara mudah mengetahui PC kamu sudah terinstall patch Spectre dan Meltdown atau belum

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi penurunan performa setelah menginstall patch Spectre dan Meltdown.

Upgrade ke Windows 10 jika kamu pengguna Windows 7 atau 8


Patch ini berkinerja lebih baik pada Windows 10. Seperti yang dikatakan Microsoft, "beberapa pengguna akan melihat adanya penurunan kinerja sistem ". Tapi, dengan Windows 7 atau 8 pada perangkat keras lama yang sama"

Dengan hardware yang sama, Microsoft mengatakan bahwa penurunan kinerja dilaporkan oleh banyak pengguna Windows 7 dan 8. Sedangkan tidak untuk pengguna Windows 10. Berikut penjelasan dari Microsoft: "Versi lama Windows memiliki dampak kinerja yang lebih besar karena Windows 7 dan Windows 8 memiliki lebih banyak transisi pengguna-kernel karena pengaruh desain lawas, seperti semua rendering font yang terjadi di kernel. " Windows 10 merupakan system operasi yang lebih baru, sehingga banyak pengoptimalan dibanding Windows 7 atau 8.

Daripada harus menghapus patch tersebut lebih baik kamu upgrade ke Windows 10 tanpa mengorbankan masalah keamanan.

Upgrade Hardware Kamu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penurunan kinerja yang disebabkan oleh patch ini paling terasa pada hardware lawas. Untuk sebaiknya kamu upgrade ke hardware keluaran 2016. Skylake atau Kabylake merupakan pilihan yang tepat karena selain performanya yang mumpuni, prosesor ini masih terbilang baru. 

Untuk memastikan prosesor kamu terpengaruh atau tidak kami sarankan kamu mengunduh inSpectre Tools. Jika hasil tes pada bagian performa tertulis "GOOD" maka tidak ditemukan isu penurunan performa pada hardware komputer yang kamu gunakan. Penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu lihat disini (Cara mudah mengetahui PC kamu sudah terinstall patch Spectre dan Meltdown atau belum).


Matikan proteksi Spectre dan Meltdown melalui Registry, jika kamu terpaksa

Perhatian: Cara yang ketiga ini sangat tidak disarankan karena kamu akan mematikan perlindungan dari serangan Spectre dan Meltdown. Namun kamu bisa mengaktifkannya kembali jika dibutuhkan. 

Untuk mematikan fitur ini ada beberapa cara. Yang pertama dan paling mudah dengan menggunakan inSpectre Tools. Untuk mematikan patch Spectre dan Meltdown, klik kanan inSpectre.exe lalu klik Run As Administrator. Setelah itu klik "Disable Meltdown Protection" dan "Disable Spectre Protection". 

Cara selanjutnya adalah mematikannya melalui registry. Kamu bisa mengikuti petunjuk yang diberikan pada halaman support Microsoft. Buka halaman tersebut lalu jalankan perintah dibawah tulisan "To disable this fix" melalui Command Prompt.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi PC yang melambat akibat pacth Spectre da Meltdown. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui kolom komentar.


Posting Komentar untuk "Cara mengatasi PC yang melambat karena terinstall patch Spectre dan Meltdown"