Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal apa itu 5G, dan berapa kecepatan internet 5G?


Pada gelaran CES 2018, standar untuk 5G dirilis yang mengundang hype semua orang dari perusahaan besar seperti Intel, Samsung maupun dari pengamat teknologi lainnya. Bahkan Samsung sampai menyebutnya "Wireless Fiber" karena menjanjikan internet super cepat dengan latency rendah. 5G seharusnya lebih cepat jika dibandingkan dengan koneksi internet kabel rumahan saat ini, dan tentu saja 5G tidak membutuhkan kabel.
 

Apa itu 5G?

5G adalah standar industri yang akan menggantikan standar 4G LTE yang ada saat ini, sama seperti 4G yang menggantikan 3G. 5G hanya singkatan dari "Fifth Generation", yang artinya ini merupakan generasi kelima dari standar jaringan data seluler.

Kedepannya, perangkat seluler atau smartphone kamu akan menggunakan 5G bukan lagi 4G seperti yang digunakan saat ini.

Akan jadi seberapa cepat koneksi 5G?

Perusahaan teknologi menjanjikan banyak hal dari 5G. Jika secara teoritis 4G saat ini memiliki kecepatan koneksi maksimal 100 megabits per detik (100 Mbps), sedangkan 5G memiliki kecepatan maksimal 10 gigabits per detik (10 Gbps). Itu berarti 5G seratus kali lebih cepat daripada teknologi 4G saat ini. Perlu diketahui bahwa itu merupakan kecepatan secara teori yang bisa berubah karena banyak faktor seperti lokasi dan penyedia layanan jaringan.

Misalnya, Consumer Technology Association menunjukkan bahwa, pada kecepatan ini, kamu bisa mengunduh film berdurasi dua jam hanya dalam 3,6 detik pada 5G, sedangkan 6 menit pada 4G atau 26 jam pada 3G.

Bukan hanya itu, 5G menjanjikan penurunan latensi yang akan berdampak pada kecepatan respon internet yang lebih cepat. Misalnya ketika kamu membuka halaman web akan terbuka lebih cepat. Secara khusus, 5G menjanjikan latensi maksimum 4ms sedangkan pada 4G LTE 20ms saat ini.

Dengan kecepatan seperti itu 5G mampu mengalahkan kecepatan internet kabel rumah saat ini. Seandainya jaringan seluler tidak menggunakan kuota, maka 5G bisa jadi masalah serius untuk perusahaan penyedia internet kabel. Pada kenyataannya, operator jaringan menyediakan pembelian kuota data, meskipun mungkin nanti kuota yang didapatkan pada jaringan 5G jauh lebih besar. 

Bagaimana cara kerja 5G?

  

5G memanfaatkan banyak teknologi untuk memperoleh internet yang super cepat. Standar baru ini akan menggunakan keseluruhan spektrum radio 4G yang baru. 5G akan menggunakan "gelombang milimeter", disiarkan pada frekuensi antara 30 dan 300 GHz versus pita di bawah 6 GHz yang digunakan di masa lalu. Sebelumnya ini hanya digunakan untuk komunikasi antar satelit dan sistem radar. Tapi gelombang milimeter tidak dapat dengan mudah bergerak melalui bangunan atau benda padat lainnya, jadi 5G juga akan memanfaatkan "sel kecil" - BTS berbasis miniatur kecil yang dapat ditempatkan setiap 250 meter melintasi daerah perkotaan yang padat. Ini akan memberikan cakupan yang jauh lebih baik di lokasi tersebut.

BTS ini juga menggunakan "MIMO masif". MIMO adalah singkatan dari multiple-input multiple-output. Kamu mungkin memiliki router nirkabel rumahan dengan teknologi MIMO, yang artinya  memiliki banyak antena yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan beberapa perangkat nirkabel yang berbeda sekaligus daripada harus beralih dengan cepat di antara keduanya. Massive MIMO akan menggunakan lusinan antena di satu BTS. Selain itu juga akan digunakan beamforming untuk mengarahkan sinyal tersebut dengan lebih baik dan mengurangi gangguan pada perangkat lain.

Kapan 5G akan tersedia?

Bagi kita yang berada di Indonesia mungkin masih belum bisa menikmati teknologi 5G dalam waktu dekat bahkan mungkin sampai tahun depan (2019) pun masih belum. Banyak hal yang perlu di lakukan oleh penyedia jaringan seperti instalasi 5G yang pastinya akan dilakukan terlebih dahulu di kota kota besar. Selain itu ada juga tahap percobaan yang membutuhkan waktu tidak sedikit.

Disisi lain, untuk menikmati jaringan 5G kamu membutuhkan ponsel baru yang mendukung untuk penggunaan jaringan tersebut. Qualcom sendiri menjanjikan akan merilis chips 5G pada tahun 2019. 

Sekarang sudah tau kan seperti apa ketangguhan 5G? Jadi bersiaplah untuk koneksi jaringan 5G yang super cepat. Terimakasih sudah berkunjung. 😊

Posting Komentar untuk "Mengenal apa itu 5G, dan berapa kecepatan internet 5G?"