Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Bluetooth 5.0, dan apa saja fitur baru yang perlu kamu ketahui?


Smartphone modern dan perangkat baru lainnya, mulai dari iPhone 8 dan iPhone X hingga Samsung Galaxy S8, menambahkan dukungan untuk "Bluetooth 5.0" pada daftar spesifikasi mereka. Inilah beberapa hal baru dan terbaik yang perlu kamu ketahui dari Bluetooth 5.0.

Apa itu Bluetooth 5.0?

Bluetooth 5.0 adalah versi terbaru dari standar komunikasi nirkabel Bluetooth. Bluetooth biasanya digunakan untuk headphone nirkabel dan perangkat audio lainnya, serta keyboard nirkabel, mouse, dan pengendali permainan seperti joystick. Bluetooth juga digunakan untuk komunikasi antara berbagai perangkat smart home dan Internet of Things (IoT).

Versi baru dari Bluetooth ini memiliki berbagai perbaikan dan peningkatan, namun hanya bila digunakan dengan periferal yang kompatibel. Dengan kata lain, kamu tidak akan melihat manfaat langsung dari Bluetooth 5.0 jika semua aksesori Bluetooth kamu dirancang untuk Bluetooth versi lama. Namun, Bluetooth 5.0  dapat terus kamu gunakan untuk menghubungkan perangkat dengan Bluetooth 4.2. Dan, ketika kamu membeli perangkat dengan Bluetooth 5.0, perangkat tersebut akan berfungsi lebih baik berkat kemampuan dan fitur baru Bluetooth 5.0.

Merupakan Bluetooth Hemat Daya untuk Headphone Nirkabel (dan Lainnya)


Peningkatan yang paling penting yang dilakukan pada Bluetooth adalah spesifikasi Bluetooth Hemat Daya, yang diperkenalkan kembali dengan Bluetooth 4.0, tidak seperti Bluetooth versi lama yang menggunakan lebih banyak daya.

Sebagai contoh, headphone nirkabel klasik tidak bisa berkomunikasi melalui Bluetooth hemat daya, hal itu karena headphone tersebut menggunakan Bluetooth versi lama yang membutuhkan daya besar. Dengan Bluetooth 5.0, semua perangkat audio berkomunikasi melalui Bluetooth Low Energy, yang berarti mengurangi penggunaan daya dan masa pakai baterai yang lebih lama. Akan lebih banyak lagi jenis perangkat yang bisa berkomunikasi melalui Bluetooth Low Energy di masa depan.

Untuk diketahui, Apple's AirPods tidak menggunakan Bluetooth 5.0. Mereka menggunakan Bluetooth 4.2 dan chip Apple W1 khusus untuk koneksi yang lebih baik. Di Android, Bluetooth 5.0 akan membantu membuat headphone Bluetooth menjadi sesuatu yang layak kamu gunakan.

Kemampuan Dual Audio

Bluetooth 5.0 juga membawa fitur baru yang keren yang memungkinkan kamu memutar audio pada dua perangkat yang terhubung secara bersamaan. Dengan kata lain, kamu bisa memiliki dua pasang headphone nirkabel yang terhubung ke telepon kamu, dan mengalirkan audio sekaligus ke keduanya disaat yang bersamaan. Atau kamu bisa memutar audio di dua speaker yang berbeda di ruangan yang berbeda. Bahkan kamu bisa mengalirkan dua audio yang berbeda ke dua perangkat audio yang berbeda pada saat bersamaan. Agak membingungkan ya? 🤣 Maksudnya gini sobat tekno, dua orang bisa mendengarkan dua buah musik yang berbeda, namun streaming dari telepon yang sama.

Fiturini dikenal dengan sebutan"Dual Audio" pada Samsung Galaxy S8. Cukup hubungkan dua perangkat audio Bluetooth ke telepon kamu, nyalakan fitur Dual Audio, dan sudah siap. Namun, itu seharusnya bukan fitur pada Samsung saja. Kemampuan tersebut diaktifkan oleh Bluetooth 5.0 dan semoga saja akan muncul di perangkat lainnya juga.

Lebih Cepat dan Jangkauan Lebih Luas


Manfaat utama Bluetooth 5.0 adalah peningkatan kecepatan dan jangkauan yang lebih luas. Dengan kata lain, Bluetooth 5.0 lebih cepat dan dapat beroperasi lebih jauh daripada versi Bluetooth sebelumnya.

Berdasarkan informasi resmi dari organisasi standar Bluetooth mengiklankan bahwa Bluetooth 5.0 memiliki jangkauan empat kali lebih luas, dua kali lebih cepat, dan kapasitas troughput Bluetooth delapan kali lebih besar dari versi lama. Peningkatan ini berlaku untuk Bluetooth Low Energy, memastikan perangkat dapat memanfaatkannya sekaligus menghemat daya.

Dengan Bluetooth 5.0, kecepatan transfer data perangkat hingga 2 Mbps, dua kali lebih cepat dari  Bluetooth 4.2. Jarak jangkauan hingga 800 kaki (atau 240 meter), empat kali dari 200 kaki (atau 60 meter) yang diizinkan oleh Bluetooth 4.2. Namun, dinding dan rintangan lainnya akan melemahkan sinyal, seperti yang terjadi pada Wi-Fi.

Standar kompresi aptX sudah menjanjikan kualitas audio CD yang baik pada kecepatan 1 Mbps, jadi pada kecepatan 2 Mbps memungkinkan kualitas audio nirkabel yang lebih baik lagi.

Secara teknis, perangkat yang menggunakan Bluetooth 5.0 sebenarnya bisa memilih antara kecepatan yang lebih tinggi atau jarak jangkauan yang lebih jauh. Manfaat "kecepatan 2x" ini sangat membantu saat beroperasi pada jarak dekat dan mengirim data bolak-balik. Pemilihan jangkauan yang luas akan optimal untuk perangkat lain yang hanya perlu mengirim sejumlah kecil data atau dapat mengirim data secara perlahan, namun ingin berkomunikasi pada jarak yang lebih jauh. Keduanya tetap menggunakan daya yang rendah.

Perangkat bisa memilih mana yang paling baik tergantung kondisi saat itu. Misalnya, headphone nirkabel bisa menggunakan peningkatan kecepatan untuk audio streaming bitrate tinggi, sementara sensor nirkabel dan perangkat tersembunyi yang hanya perlu mengirim informasi status mereka dapat memilih peningkatan jarak sehingga bisa berkomunikasi lebih jauh.

Jika kamu tertarik dengan detail spesifik Bluetooth 5.0, kamu dapat melihat spesifikasi resmi Bluetooth 5.0 secara online.


Kapan Perangkat Bluetooth 5.0 tersedia?

Kamu sudah bisa mendapatkan perangkat yang mendukung Bluetooth 5.0 saat ini, seperti iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone X, Samsung Galaxy S8, dan ponsel Android baru lainnya. Kamu juga memerlukan perangkat Bluetooth 5.0. Masih belum banya, namun banyak produsen menjanjikan untuk mengeluarkan perangkat Bluetooth 5.0 pada tahun 2018.


Posting Komentar untuk "Apa itu Bluetooth 5.0, dan apa saja fitur baru yang perlu kamu ketahui?"