Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah yang perlu kamu ketahui tentang Samsung Galaxy S9

Beberapa jam yang lalu Samsung resmi mengumumkan flagship terbaru mereka yang pastinya akan menjadi smartphone Android paling populer tahun ini. Kamu pasti sudah tahu kan apa yang TeknoWin10 maksud. Yups, kamu benar sekali, smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy S9 dan S9+. Mari kita bahas hal apa saja yang perlu kamu ketahui tentang smartphone tersebut.

Apa yang baru pada Galaxy S9 dan S9+?


Ketika kamu melihat smartphone ini, sekilas kamu mungkin akan mengira ini adalah Galaxy S8 dan S8+. Itu karena desain dari Galaxy S9 dan S9+ sangat mirip dengan pendahulunya (Galaxy S8 dan S8+)

1. Desain dan Hardware

miringkan ponsel untuk melihat gambar sempurna
Setiap tahun Samsung mengubah bagaimana tampilan ponselnya, namun sepertinya kali ini mereka hanya melakukan penyempurnaan pada desain sebelumnya. Galaxy S9 dan S9 + memiliki ukuran layar 5,8 inci dan 6,2 inci. Resolusi layar yang di usungnya yaitu 2960 × 1440, dan keduanya tetap menggunakan panel Super AMOLED. Sekali lagi, keduanya terlihat sangat mirip dengan Galaxy S8 dan S8+.


Perubaha paling jelas pada desain Galaxy S9 dan S9+ terletak pada penempatan sensor sidik jari. Sebelumnya pada Galaxy S8 sensor sidik jari terletak di sebelah kanan kamera (saat melihat bagian belakang telepon). Hal itu membuat banyak pengguna S8 sering salah meletakkan jari ke kamera ketika ingin membuka kunci ponsel dengan sidik jari. Sedangkan pada Galaxy S9, mereka memindahkannya ke lokasi yang lebih baik yaitu tepat di bawah kamera. Menurut saya ini cukup keren karena tidak akan lagi salah mengira kamera sebagai pemindai sidik jari.

2. Kamera



Galaxy S9 sepertinya akan mengikuti jejak Apple dalam hal pengaturan kamera. S9 standar hanya memiliki satu kamera belakang, sedangkan S9 + yang lebih besar akan dibekali dua kamera belakang. Kamera belakang pada kedua ponsel memiliki sensor 12MP, sedangkan bagian depannya adalah 8MP dengan autofocus.

Tapi! Kamera belakang pada kedua ponsel (hanya kamera belakang "utama" di S9+) dapat disesuaikan aperture f /1.5 dan f /2.4. Apa manfaatnya? Galaxy S9 dan S9+ dapat menyesuaikan foto yang lebih baik saat cahaya rendah ketika kamu membutuhkannya, dan foto dengan gambar yang sangat tajam saat pencahayaannya bagus.

Pada dasarnya, mode pemotretan otomatis akan beralih di antara dua aperture saat kamu membutuhkannya - saat pencahayaan rendah, secara otomatis akan berubah menjadi aperture f / 1.5. Dalam keadaan lain, ia akan menggunakan aperture default f / 2.4.

Jika kamu ingin mendapatkan kontrol lebih dari kamera ponsel kamu, kamu juga dapat beralih secara manual di antara kedua mode ini dalam mode kamera Pro. Jadi jika kamu tahu pengaturan terbaik saat menggunakan kamera, kamu akan menyukai mode ini.

Untuk menambah fitur kamera, S9 juga akan meiliki kemampuan untuk merekam video slow motion dengan 960 fps. Ini sebenarnya cukup mengesankan.

3. Spesifikasi dan Fitur Lainnya 

  • Prosesor: Prosesor Qualcomm Snapdragon 845 atau Exynos 9810 (Regional)
  • Memori: RAM 4GB (S9), RAM 6GB (S9 +)
  • Sambungan: Headphone jack, USB Type-C, Wireless charging
  • Anti air dan debu: IP68 
  • Penyimpanan: 64GB, slot kartu SD untuk penyimpanan yang dapat diupgrade
  • Sistem Operasi: Android 8.0 (Oreo)
  • Warna Tersedia: Midnight Black, Titanium Grey, Coral Blue, Lilac Purple
  • Harga: $ 720 (S9), $ 840 (S9 +)  


Tidak mau kalah dengan iPhone dengan fitur Animoji, Samsung juga memberikan Galaxy S9 dan S9+ kemampuan yang mirip dengan Animoji milik iPhone. Namun pada Galaxy S9 dan S9+ diberi nama "AR Emoji". Dengan fitur ini kamu hanya perlu mengambil foto selfie dan secara otomatis mengubahnya menjadi emoji yang sepenuhnya dipersonalisasi dari kamu. Emoji tersebut dapat disesuaikan, sehingga kamu dapat men-tweaknya sesuai kebutuhan untuk membuatnya sesuai keinginan.

Sama seperti S8, S9 juga akan memiliki fitur Iris Scanner, namun Samsung juga menambahkan Face Recognition ke duo Galaxy S9. Sama seperti Face ID pada iPhone X, fitur ini akan menggunakan advanced facial recognition sebagai alat keamanan perangkat. 


Pre-order untuk Galaxy S9 dan S9+ akan dimulai pada tanggal 2 Maret, dengan ketersediaan pada tanggal 16 Maret. 

Jika kamu ingin melakukan upgrade, Samsung saat ini menawarkan program trade up untuk pemilik ponsel Galaxy. Cukup dengan melakukan perdagangan di situs Samsung, mereka menawarkan harga $350 untuk Galaxy S8.

Posting Komentar untuk "Inilah yang perlu kamu ketahui tentang Samsung Galaxy S9"