Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004, Tersedia Sekarang

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004 (Rilis April 2020)

Update besar berikutnya untuk Windows 10 sudah hampir siap. Microsoft hanya perlu melakukan serangkaian tes dalam beberapa bulan sebelum rilis ke publik.

Update tersebut adalah Windows 10 20H1 dengan nomor versi 2004. Update ini sudah tersewdia mulai 28 Mei 2020. Silahkan cek windows update kamu karena update ini akan tersedia secara bertahap.

Karena merupakan update mayor, maka akan ada banyak fitur baru dan perbaikan dalam update ini. Untuk itu sebelum melakukan update ada baiknya kamu mengetahui apa saja fitur baru yang ada pada Windows 10 20H1.

Berikut ini adalah daftar lengkap fitur baru yang telah hadir pada Windows 10 20H1v2004.

Pengalaman Baru Cortana

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004 (Rilis April 2020)

Cortana mendapatkan perubahan UI yang sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Jika sebelumnya kamu hanya melihat Cortana menempel disamping Start Screen, update selanjutnya jendela Cortana bisa kamu pindah seperti aplikasi pada umumnya.

Fitur Cortana menarik lainnya adalah tampilannya yang seperti chat atau sebuah percakapan dua arah, mirip dengan tampilan Google Assistant. Untuk memasukkan perintah kamu tetap bisa menggunakan teks ataupun perintah suara.

Selain itu, jika ada penambahan fitur kamu bisa update Cortana langsung dari Windows Store. Jadi kamu tidak perlu menunggu versi Windows selanjutnya untuk mendapatkan fitur baru Cortana. Tidak lupa juga Microsoft menyematkan dukungan tema gelap dan tema terang untuk Cortana.

Install Ulang Windows Sekarang Lebih Mudah

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004 (Rilis April 2020)

Windows 10 20H1 menambahkan fitur "Cloud Download" pada menu settings "Reset This PC". Ini merupakan fitur yang sangat menarik jika Windows 10 kamu sering bermasalah.

Cloud Download adalah fitur yang memungkinan kamu melakukan Reset PC tanpa menggunakan file installer Windows 10. Yang kamu butuhkan hanya internet yang cukup untuk mengunduh file Windows (sekitar 3GB). Ini berguna jika kamu tidak mempunyai file ISO Windows 10 tapi kamu punya jaringan Wifi yang memadai.

Microsoft mengatakan bahwa install ulang dengan fitur Cloud Download lebih baik dibandingkan dengan file lokal yang kamu miliki.

Untuk menggunakan fitur Cloud Download kamu hanya perlu membuka Settings > Update & Security > Recovery > Get Started.

Windows Update Yang Lebih Baik

Sebelumnya ketika kamu melakukan update Windows, semua update yang tersedia harus kamu install. Namun pada Windows 10 20H1 kamu bisa mencentang update mana saja yang ingin kamu install sehingga kamu bisa mengabaikan update yang tidak kamu butuhkan.

Sebagai contoh kamu bisa mencentang update driver saja dan mengabaikan update Windows lainnya. Update: fitur ini kemungkinan besar akan ditunda oleh Microsoft dan akan Dirilis pada update mayor berikutnya.

Windows Subsystem for Linux 2 (WSL 2)

Windows 10 20H1 membawa WSL versi baru dengan dukungan binari ELF64 pada Windows. Selain itu, WSL 2 menggunakan Kernel Linux asli dengan user experience yang sama dengan WSL 1 namun dengan tmabahan fitur dan performa file sistem yang jauh lebih cepat.

Pengalaman Baru Pencarian Windows

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004 (Rilis April 2020)

Windows Search menggunakan proses windows indexer untuk mendapatkan database file kamu lalu menampilkannya di hasil pencarian. Windows indexer ini selalu berjalan di background.

Pada Windows 10 20H1 Microsoft menerapkan algoritma baru untuk Windows Search. Algoritma baru ini bisa mendeteksi penggunaan CPU dan Disk.

Sebagai contoh windows indexer akan berhenti bekerja jika kamu menggunakan mode hemat daya, atau ketika penggunaan CPU PC kamu diatas 80% dan jika penggunaan disk menyentuh angka 70%. Ketika windows indexer berhenti, performa komputer kamu akan lebih cepat dan stabil.

Task Manager

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004 (Rilis April 2020)

Task manager hadir dengan dua fitur baru. Sekarang sudah bisa menampilkan tipe Disk PC kamu. Jadi kamu bisa melihat Disk apa yang PC atau Laptop kamu gunakan, apakah SSD atau HDD.

Fitur lainnya adalah kemampuan Task Manager untuk menampilkan suhu GPU. Jadi jika kamu punya dedicated GPU atau VGA maka kamu bisa melihat suhunya langsung dari Task Manager.

Disk CleanUp

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004 (Rilis April 2020)
Mulai dari Windows 10 20H1, Disk CleanUp tidak lagi mengikutkan folder "Download" untuk dihapus.  Hal yang sama juga terjadi pada fitur Disk CleanUp di Settings. Microsoft melakukan ini setelah ada insiden ada orang yang kehilangan data penting pada folder download.

Kontrol Untuk Aplikasi Ketika Restart

Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004 (Rilis April 2020)

Sebelumnya jika ada aplikasi seperti Chrome atau spotify yang masih terbuka lalu kamu melakukan retart windows, maka aplikasi tersebut akan otomatis terbuka lagi setelah restart berhasil. Namun pada Windows 10 20H1 kamu bisa mengatur untuk membiarkan aplikasi terbuka lagi saat restart atau tidak. Fitur ini bisa kamu temukan melalui Settings > Accounts > Sign-in options.

Penutup

Selain fitur diatas, masih banyak perubahan lainnya yang tidak kasat mata pada Windows 10 20H1. Jika kamu menemukan fitur lainnya sampaikan dikolom komentar ya supaya teman teman tekno lainnya bisa tahu.

Terimakasih sudah berkunjung. Salam tekno!

Posting Komentar untuk "Inilah Semua Fitur Baru Windows 10 20H1 Versi 2004, Tersedia Sekarang"