Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu

Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu

Lebih dari satu dekade berlalu setelah perilisannya, akhirnya Microsoft mengakhiri dukungannya pada Windows 7 tepat hari ini 14 Januari 2020. Yang artinya Windows 7 tidak akan mendapatkan update fitur maupun patch keamanan lagi dari Microsoft. TeknoWin10 sangat menyarankan kamu segera update ke Windows 10 atau Windows 8.1 untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti terkena ransomware ganas yang bisa merusak data kamu.

Dengan berakhirnya masa dukungan Windows 7, mari kita melihat kebelakang untuk melihat apa yang membuat Windows 7 menjadi salah satu System Operasi yang akan selalu kita ingat (mungkin) selama hidup kita. 😁

Upgrade Yang Layak Dari Windows XP

Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu

Windows 7 dirilis pada 22 Oktober 2009, delapan tahun setelah Microsoft merilis Windows XP. Sebelum Windows 7, Windows Vista  dirilis dua tahun lebih dulu tapi banyak yang tidak menyukainya karena berbagai macam bug yang mengganggu.

Windows XP adalah sistem operasi yang solid pada zamannya dan merupakan versi konsumen pertama Windows yang berbasis pada core Windows NT dan jauh lebih stabil daripada rilis sebelumnya, Windows ME. Tetapi tahun 2001 adalah waktu yang berbeda dari tahun 2009, dan tentu saja Windows XP semakin ketinggalan zaman.

Windows 7 adalah update yang sangat signifikan dari Windows XP. Terutama dalam hal tampilan dimana Windows XP akan terlihat sangat jadul jika dibandingkan dengan Windows 7. Windows 7 hadir dengan membawa visual yang biasa disebut Aero Glass, tampilan transparan yang lebih halus yang bahkan masih dirindukan oleh pengguna Windows 10 seperti saya dan mungkin juga kamu. Iya kan? 😁

Banyak hal yang diperbaiki. Sebagai contoh, Windows HomeGroup menjadikannya lebih mudah untuk berbagi file dan printer dibandingkan dengan pengaturan jaringan rumah pada Windows XP. Windows 7 menawarkan versi 64-bit yang didukung dengan baik. Memang sih ada edisi Windows XP 64-bit, tetapi datang terlambat, dan sangat sedikit yang menggunakannya.

Sejak awal peluncurannya Windows 7 juga dirancang supaya lebih aman. Berbeda dengan Windows XP yang sangat rentan terkena malware dan virus.

Memenuhi Janji Windows Vista

Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu

Banyak fitru Windows 7 yang bukan hal baru karena sudah ada di Windows Vista. Tapi fitur-fiur tersebut disempurnakan dan bekerja lebih baik di Windows 7. Windows Vista merupakan versi mentah Windows 7. Sama seperti Windows 8 yang merupakan versi mentahnya Windows 10.

User Acccount Control merupakan salah satu dari fitur yang disempurnakan tersebut. Ketika zaman Windows XP, banyak orang menjalankan Windows XP dengan akun administrator. Hal itu karena semua aplikasi berjalan dengan izin administrator. Windows XP sebenarnya bisa menggunakan akun standar tapi dengan izin yang dikurangi, sehingga banyak aplikasi yang tidak bisa berjalan. 

Berbeda dengan Windows XP, Windows 7 sudah memiliki UAC (User Account Control). Ini memungkinkan semua aplikasi berjalan dengan izin yang rendah secara default dan menggunakan izin administrator jika dibutuhkan saja.

Tetap Dipilih Meskipun Hadir Windows 8

Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu

Windows 8 dirilis 3 tahun setelah Windows 7, dan saat itu juga banyak pengguna semakin mengapresiasi Windows 7.

Waktu itu, Microsoft mulai berfokus pada perangkat layar sentuh. Windows 8 tidak memiliki Menu Start dan menghadirkan Start Screen yang memenuhi layar. UI Windows 8 dikenal dengan sebutan "Metro UI". Disitulah letak kekurangannya, aplikasi Metro Windows 8 selalu full screen dan tidak mendukung Windowed mode. Diberi nama Windows, tapi kok tidak bisa menampilkan aplikasi dalam tampilan Windows? Aneh kan?

Masalah aplikasi Metro ini kemudian diperbaiki di Windows 8.1 yang akhirnya disempurnakan di Windows 10.

System Operasi Yang Sederhana

Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu

Windows 7 merupakan aplikasi yang sedeerhana namun tetap kaya fitur. Sebagai perbandingan, Microsoft solitaire di Windows 7 sangat. Bahkan kamu tidak akan menemukan iklan seditikitpun dan tentunya tanpa biaya berlangganan. Berbeda dengan Microsoft Solitaire di Windows 10 meskipun sama - sama gratis tapi banyak iklan yang gentayangan.

Windows 7 otomatis melakukan update Windows, tapi tidak memaksa penggunanya. Terdapat pilihan untuk mematikan update atau memilih install update yang diperlukan saja. Hal nini sempat menjadi masalah besar pada Windows 10. Namun sekarang sudah mulai diperbaiki oleh Microsoft secara bertahap melalui Windows 10 20h1 versi 2004.

Windows 7 bisa dibilang tanpa iklan. Tidak seperti Windows 10 yang terdapat iklan dimana-mana mulai dari iklan office 365, iklan Candy Crush, dan lain sebagainya.

Karena kesederhanaanya itu, Windows 7 dapat berjalan mulus pada komputer dengan spesifikasi rendah yang hanya memiliki RAM 1GB. Yups benar sekali RAM cuma 1GB masih bisa menjalankan Windows 7 yang dimana pada saat ini Android pun nge lag dengan RAM 1GB.

Jadi wajar saja banyak pengguna Windows 7 tidak mau upgrade ke Windows 10 bahkan setelah masa dukungannya berakhir.

Jadi, Kenapa Kami Memyarankan Upgrade

Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu

Masalah pertama adalah keamanan, karena berakhirnya dukungan dari Microsoft tentu saja Windows 7 sangat rentan dari serangan malware jahat. Itu bisa terjadi karena Microsoft tidak akan lagi menambal celah keamanan pada Windows 7.

Produsen perangkat keras juga lebih mengoptimalkan produknya untuk Windows 10. Sebagai contoh CPU Intel Core i7 generasi terbaru akan bekerja lebih baik padaa Windows 10 sibadningkan Windows 7.

Ada banyak sekali hal positif yang akan kamu dapatkan ketika upgrade ke Windows 10 dibandingkan dengan sedikitnya hal negatif kamu dapatkan juga. Dari sisi aplikasi lambat laun pasti akan berhenti mendukung Windows 7. Alasannya sudah jelas karena sudah tidak layak lagi.

Spesifiikasi yang dibutuhkan Windows 10 tidak jauh berbeda dengan Windows 7. Jadai kemungkinan besar PC kamu bisa menjalankannya.

Kamu juga bisa mematikan iklan di Windows 10 dengan sedikit tweak. Selain itu Windows 10 terus disempurnakan sehingga semakin menarik untuk penggunanya.

Tidak Harus Upgrade ke Windows 10

Kamu tidak harus upgrade ke Windows 10 jika tidak menyukainya. Karena masih banyak alternatif lainnya seperti Linux dengan berbagai macam distro nya. Ada juga Chrome OS yang dikembangkan oleh Google. Jadi semua pilihan jatuh kepada kamu sendiri tergantung kebutuhan. 

Posting Komentar untuk "Selamat Tinggal Windows 7, Kami Akan Merindukanmu"