Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa itu Google Play Service Serta Fungsi dan Manfaatnya

Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Play Service
Kamu pengguna ponsel pintar Android? Jika iya pasti gak asing dong dengan "Google Play Service". Yups, Google Play Service adalah aplikasi yang selalu ada di hampir semua perangkat berbasis Android baik itu ponsel, tablet, maupun smart watch.

Tapi apa kamu tahu apa saja fungsi dan manfaat Google Play Service? Belum kan,, mari kita sama sama mengenal lebih jauh tentang Google Play Service dibawah ini!

Apa itu Google Play Service?

Google Play Service bukan aplikasi biasa seperti yang kebanyakan orang pikirkan. Kalau tidak percaya coba saja kamu buka, pasti tidak terjadi apa apa kan. Aplikasi ini terinstall secara default di perangkat Android. Jika kamu perhatikan, Google Play Service juga lumayan sering mendapatkan update seperti aplikasi pada umumnya. Dan yang paling menarik, hampir semua jenis perizinan system Android digunakan oleh Google Play Service. Beberapa perizinan yang dibutuhkan yaitu izin akses dan kontrol SMS, akses sensitif log data, akses semua informasi dari aplikasi Google, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu di lihat di management apps ponsel kamu.

Singkatnya, Google Play Service adalah aplikasi yang diciptakan oleh Google untuk terhubung sangat dekat dengan system Android di perangkat kamu. Ini bukan aplikasi biasa, Google Play Service lebih ke paket API (hal hal yang membantu programmer dan membantu sebuah aplikasi berkomunikasi dengan aplikasi lainnya) dan memungkinkan lebih sedikit aplikasi yang bergantung pada pembaruan OS Android untuk bisa berjalan.

Detail Google Play Service di Management Apps

Apa Fungsi Google Play Service?

Kehadiran Google Play Service berhasil membawa perubahan yang sangat baik untuk perangkat Android. Sebagaii contoh; jika kamu menggunakan Android sebelum ada Google Play Service, kamu pasti menyadari bahwa saat itu Google Maps mendapatkan update hanya jika ada versi baru OS Android. Kok bisa gitu? Tentu saja itu terjadi karena developer tidak bisa menambahkan fitur baru yang lebih canggih karena OS nya tidak mendukung. 

Namun setelah hadirnya Google Play Service, Google Maps rutin mendapatkan pembaruan melalui Play Store. Dan jika Google Maps tidak bisa berjalan maka kamu akan disuruh untuk memperbarui Google Play Service.

Permintaan update Google Play Service

Singkatnya Google Play Service merupakan kumpulan API (Application Programming Interface) yang mempermudah developer dalam membuat dan menambahkan fitur dalam aplikasi mereka. Ini memungkinkan ponsel pintar kamu mendapatkan manfaat dari versi aplikasi terbaru tanpa harus memperbarui versi OS Android. Namun tidak semua aplikasi memanfaatkan Google Play Service, sebagian besar yang menggunakannya tentu saja aplikasi buatan Google (Gmail, Youtube, Google Play Store, Google Assistant, dan lain lain). Aplikasi lokal yang menggunakan Google Play Service salah satunya adalah GoJek.


Intinya, ini berarti bahwa versi Android berapapun mulai dari versi 2.2 dapat menikmati aplikasi dengan fitur kekinian terlepas dari pembaruan OS Android. Ini merupakan salah satu cara unutk mengatasi masalah fragmentasi perangkat Android. Selain itu kebanyakan perangkat Android hanya mendapatkan pembaruan OS sampai 2 tahun oleh produsen ponsel bahkan ada yang tidak pernah mendapatkan pembaruan OS sama sekali.

Apa Manfaat Google Play Service?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Google Play Service dapat membantu penambahan fitur aplikasi yang sejatinya belum didukung versi OS Android tersebut tanpa perlu melakukan pembaruan OS Android. Jadi kamu hanya perlu memperbarui Google Play Service.

Jadi Apakah Update OS Android Tidak Perlu Lagi?

Tentu saja tetap perlu ya. Karena untuk bisa menikmati fitur baru OS Android kamu tidak bisa mengandalkan Google Play Service. Kamu tetap harus memperbarui OS Android jika ingin mendapatkan fitur baru dan patch keamanan yang paling baru sehingga perangkat kamu lebih aman dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu Google Play Service berhenti memberikan dukungan pembaruan untuk versi OS Android yang terlalu jadul. Jadi kita sebagai pengguna harus sadar juga ya bahwa perangkat yang kita gunakan sudah ketinggalan zaman. Kalau terus dipaksakan nanti nge-lag malah hp nya yang dibanting. Kan kasihan juga itu hp udah tua, dipaksa, dimarahi, dibanting pula 🤣.

Itu dia penjelasan tentang Google Play Service beserta fungsi dan manfaatnya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar ya!

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa itu Google Play Service Serta Fungsi dan Manfaatnya"