Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi (Pending, Gagal, Error, dll)

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi (Pending, Gagal, Error, dll)


Google Play Store merupakan bursa aplikasi yang digunakan pada hampir semua perangkat Android saat ini. Selain resmi dari Google, Play Store juga menawarkan kemudahan dengan banyaknya aplikasi yang tersedia baik yang berbayar maupun yang gratisan. Namun dibalik kemudahannya, Play Store juga bisa mengalami masalah error seperti download gagal, pending, force close, dan lain sebagainya. Ada juga yang bahkan aplikasi Play Store tidak bisa dibuka sama sekali.

Nah dibawah ini TeknoWin10 akan membagikan cara mengatasi berbagai masalah pada Google Play Store. Cara dibawah ini bisa kamu coba pada semua perangkat Android yang dilengkapi Google Play Service. Karena untuk menjalankan Play Store harus ada Google Play Service.

Masalah Google Play Store Yang Sering Terjadi

  1. Tidak bisa download dan install aplikasi atau games
  2. Tidak bisa download musik, film, buku, dan acara tv dari Play Store
  3. Aplikasi Google Play Store tidak bisa dibuka
  4. Aplikasi Google Play Store not responding atau crash setelah terbuka
  5. Download pending atau tidak jalan sama sekali
Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa masalah Play Store diatas, silahkan ikuti cara dibawah ini. Kamu tidak perlu mengikuti semuanya, karena pada beberapa kasus bisa di atasi dengan salah satu cara saja.

Cara Mengatasi Google Play Store Crash, Tidak Bisa Download, Pending, dll.

  1. Cek dan pastikan koneksi internet kamu stabil dan cukup cepat. Disarankan minimal menggunakan 3G atau Wifi yang stabil. 
  2. Bersihkan cache dan data Play Store. Caranya silahkan buka Setelan > Kelola Aplikasi > pilih Play Store. Kemudian hapus data dan cache seperti gambar dibawah ini.
    hapus data dan cache play store
    Jendela kelola aplikasi pada MIUI
  3. Restart ponsel kamu. Merestart ponsel akan memulai ulang seluruh service di Android sehingga ini juga bisa jadi solusi untuk memperbaiki Google Play Store.
  4. Cek penyimpanan internal. Pastikan penyimpanan internal kamu cukup minimal 600MB untuk aplikasi biasa dan dua kali lipat ukuran file untuk game dengan ukuran besar seperti PUBGM atau CODM.
  5. Periksa SD Card kamu, jika error sebaiknya kamu cabut dulu lalu masukkan kembali. SD Card yang error juga bisa menyebabkan download pending. Teruta jika kamu banyak menginstall aplikasi di SD Card.
  6. Bersihkan cache dan data Google Play Service. Caranya sama dengan langkah nomor 2. Bedanya kali ini kamu pilih Google Play Service untuk dihapus datanya.
    hapus data dan cache google play service
    Google Play Service di MIUI
  7. Uninstall pembaruan Play Store lalu instal kembali. Uninstal melalui Settings > Kelola Aplikasi (Apps Management). Lalu pilih Google Play Store maka kamu akan menemukan tombol uninstall pembaruan. Setelah uninstall berhasil silahkan buka kembali Play Store.
  8. Periksa pembaruan perangkat lunak sistem. Caranya buka Setelan > Tentang Ponsel > Periksa Pembaruan.
  9. Hapus dan tambahkan ulang akun Google Kamu. Ini sering kali menjadi penyebab download aplikasi bermasalah di Play Store. Kamu bisa hapus akun google di Setelan > Akun. Atau kamu bisa menemukannya pada perangkat Xiaomi di Setelan > Sinkron.
Itulah beberapa cara mengatasai masalah Google Play Store yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Jika ada yang kurang dipahami atau ada kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar ya. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi (Pending, Gagal, Error, dll)"