Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Resmi Menambahkan Fitur Spotlight macOS di Windows 10

Cara Resmi Menambahkan Fitur Spotlight macOS di Windows 10

MacOS memiliki fitur yang sangat berguna untuk mencari aplikasi, file, dan web yaitu Spotlight. Spotlight ini sangat ringan dengan user interface yang simple. Sangat berbeda dengan Search Bar di Windows 10 yang cukup lambat ketika digunakan unuk melakukan pencarian. 

Namun baru baru ini Microsoft memperkenalkan Power Toys Run yang sangat mirip dengan Spotlight pada macOS. Tidak hanya tampilannya yang mirip tapi fungsinya juga sama. Bahkan menurut saya Power Toys Run di Windows 10 ini lebih hebat dari Spotlight di macOS karena bisa mencari seluruh file di semua partisi yang ada di PC kamu. Tetntu saja hal itu tidak bisa dilakukan di Spotlight macOS. Selain itu performanya jauh lebih cepat dibanding Search Bar di Windows 10. Oh iya kamu juga bisa mencari tab yang sedang terbuka di Microsoft Edge loh. 

Dibalik kelebihannya itu Power Toys Run juga memiliki kekurangan yang menurut saya sangat penting yaitu tidak bisa melakukan pencarian folder. Jadi dalam hasil pencariannya tidak ada folder yang muncul. Karena itu saya masih menggunakan Search Everything yang bisa mencari seluruh file dan folder dengan sangat cepat. Kekurangan lainnya yaitu tidak bisa melakukan pencarian web, walaupun menurut saya ini sebuah kelebihan karena bisa meningkatkan performa pencarian.

Jika kamu tertarik menggunakan fitur ala Spotlight di Windows 10 kamu bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini.

Cara Menggunakan Power Toys Run (Spotlight) di Windows 10

  1. Pertama tama silahkan download Microsoft Power Toys melalui link Github ini.
  2. Download juga ASP.Net Core Runtimes melalui link ini sesuai arsitektur OS kamu (x64 aau x86). Install seperti biasa.
  3. Selanjutnya install Microsoft Power Toys seperti biasa. Proses install aplikasi ini cukup lama tergantung spesifikasi komputer kamu.
    proses install Microsoft PowerToys
    Proses install Microsoft PowerToys
  4. Setelah instalasi selesai buka PowerToys (preview) as Administrator melalui menu Start. Ikon PowerToys akan muncul di System Tray.
  5. Klik kanan ikon Power Toys di Syetem tray lalu klik settings. Jika muncul pesan .net core belum terinstall silahkan klik download maka .net core akan mulai di install secara otomatis.
    Proses install Microsoft Net Core Runtimes
    Proses install Microsoft Net Core Runtimes
  6. Setelah settings terbuka klik PowerToys Run, lalu klik Enable PowerToys Run. Kamu juga bisa mengganti tombol yang digunakan untuk membuka PowerToys Run pada bagian Shortcut.
    Cara menggunakan PowerToys Run di Windows 10
  7. Jika sudah kamu bisa tutup setting lalu coba tekan Alt + Space maka Spotlight akan muncul dan bisa kamu gunakan. Catatan: saat pertama kali tekan Alt + Space, spotlight mungkin tidak akan langsung terbuka karena masih proses penambahan database file di PC kamu.
    PowerToys Run atau Spotlight di Windows 10
    Tampilan Poweroys Run atau Spotlight di Windows 10
Itulah cara mudah dan resmi dari Microsoft untuk menambahkan fitur Spotlight di Windows 10. Jika ada yang kurang dimengerti atau ada kritik serta saran silahkan sampaikan di kolom komentar ya. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya hanya di www.CaraGw.com.

Posting Komentar untuk "Cara Resmi Menambahkan Fitur Spotlight macOS di Windows 10"