Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Celia, Pengganti Google Assistant Dari Huawei

Mengenal Celia, Pengganti Google Assistant Dari Huawei

Ada banyak asisten virtual yang sudah ada di pasaran, sebut saja Siri, Google Assistant, Bixby, Alexa, dan Cortana. Sekarang bertambah satu lagi pendatang baru dari Huawei yaitu Celia. Celia ikut meramaikan pasar virtual assistant sebagai alternatif Google Assintant di ponsel Huawei. Seperti yang kita tahu Huawei tidak bisa menggunakan Google Mobile Service (GMS) karena perang dagang Cina dan Amerika. 

Mengenal Celia

Huawei pertama kali mengumumkan kehadiran Celia ke publik pada akhir Maret 2020 lalu. Celia merupakan bagian dari fitur yang dibenamkan Huawei pada EMUI 10.1 yang dirilis bersamaan dengan Huawei P40 Pro.

Pada dasarnya fitur Celia tidak jauh berbeda dengan kebanyakan virtual assistant yang sudah ada. Untuk memunculkannya kamu cukup mengucapkan "Hey Celia". Kamu juga bisa menekan dua kali tombol daya untuk memunculkan Celia. Sama seperti pesaingnya Celia bisa membuat alarm, pengingat, membuka aplikasi dan lain sebagainya. 

Begini tampilan Celia saat dipanggil
Tampilan Celia saat dipanggil

Selain itu, Celia bisa menggunakan kamera ponsel kamu untuk menemukan produk online yang cocok dan juga menampilkan estimasi kandungan nutrisi dan gizi pada makanan. Fitur ini dikembangkan berdasarkan pada teknologi Huawei HiVision, yang dirilis pada tahun 2018 bersamaan dengan flagship Huawei P20 Pro.

Salah satu keunggulan kamera Huawei ada pada fitur Master AI yang mampu mengatur pengaturan kamera secara otomatis berdasarkan objek yang akan difoto. Menariknya fitur ini juga yang dimanfaatkan Huawei unutk membantu Celia menjalankan tugasnya. 

Sebelumnya Huawei pernah merilis assistant virtual Xiaoyi (bukan Xiaomi ya). Xiaoyi inilah yang kemudian menjadi dasar pembuatan Celia. Ini sekaligus membenarkan rumor yang lama beredar tentang assistant virtual penerus Xiaoyi dari Huawei.

Bagaimana Cara Mendapatkan Celia?

Sejauh ini Huawei belum merilis Huawei untuk perangkat selain ponsel buatan Huawei. Untuk itu kamu membutuhkan ponsel Huawei yang mejalankan EMUI 10.1 atau yang lebih baru. Ponsel Huawei yang sudah menggunakan EMUI 10.1 saat ini baru Huawei seri P40 dan seri P30, untuk seri Mate ada Mate 30 dan Mate 20.

Namun walaupun sudah memenuhi persyaratan diatas kamu juga harus tinggal di negara yang sudah didukung Celia. Saat ini Huawei baru merilis Celia di beberapa negara yaitu UK, Spanyol, Francis, Africa Selatan, dan beberapa negara Amerika Latin. Bahasa yang didukung baru Inggris, Spanyol, dan Francis.

Setelah persyaratan diatas terpenuhi kamu perlu mengaktifkan Celia secara Manual. Caranya, buka Settings > Huawei Assistant > AI Voice. Kemudian tekan "Voice WakeUp" dan ubah menjadi On. Lakukan hal yang sama pada menu "Wake With Power Button".

Cara mengaktifkan Huawei Celia
Cara mengaktifkan Huawei Celia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Huawei belum ada rencana untuk merilis Celia di perangkat lain selain buatan mereka. Namun menarik untuk dilihat bagaimana langkah Huawei kedepannya untuk menyaingi virtual assistant lainnya yang sudah ada leibih dahulu di pasaran. Perlu diketahui, saat ini Huawei sedang berusaha membangun ekosistem yang mampu menyaingi ekosistem Google di OS buatan Google. Ini merupakan upaya Huawei untuk bertahan di kerasnya sangsi perang dagang dari Amerikaa.

Posting Komentar untuk "Mengenal Celia, Pengganti Google Assistant Dari Huawei"